Kamis, 11 Juni 2015

Penggunaan Fungsi IF dan HLOOKUP dalam Pembacaan Tabel pada Ms. Excel

Halo pembaca yang budiman........
Berikut saya akan berbagi informasi tentang penerapan program pengolah angka yaituMicrosoft Excel  dalam dunia kerja. Beberapa formula dalam Microsoft Excel  digunakan untuk membaca tabel yaitu fungsi HLOOKUP dan fungsi IF.

CONTOH DALAM PEMBACAAN PENDAFTARAAN PESERTA DIDIK BARU


  1. Buat tabel nilai secara mendatar untuk dijadikan tabel acuan;


   
    2.  Tuliskan data calon peserta didik baru dalam tabel beserta jenis ujian;



Untuk pembacaan tabel pada kolom ujian PSIKOTEST dengan meletakkan pointer pada sel D6 (kolom PSIKOTEST) lalu menuliskan formula
=HLOOKUP(C6;$C$17:$I$20;2) 

  • C6 sebagai lookup value atau data yang akan dicari nilainya. 
  • C17-I20 sebagai table array atau tabel acuan.
  • 2 adalah index coloumn atau kolom indeks yang dicari niainya.
  • Klik enter.
  • Kolom di bawahnya gunakan perintah fill handle.

   3.   Pengisian kolom ujian PENGETAHUAN;



Meletakkan pointer pada sel E6 (kolom PENGETAHUAN) lalu menuliskan formula yang sama dengan kolom PSIKOTEST yaitu
=HLOOKUP(C6;$C$17:$I$20;3)
  • 3 sebagai kolom indeks yang dicari.
  • Untuk sel di bawahnya gunakan perintah fill handle atau autofill yaitu dengan cara mendrag sel pertama ke bawah tanpa melepas mouse.


   4.   Pengisian kolom WAWANCARA;




Meletakkan pointer pada sel F6 (kolom PENGETAHUAN) lalu menuliskan formula yang sama dengan kolom PSIKOTEST yaitu
=HLOOKUP(C6;$C$17:$I$20;4)
  • 4 sebagai kolom indeks yang dicari.
  • Untuk sel di bawahnya gunakan perintah fill handle atau autofill yaitu dengan cara mendrag sel pertama ke bawah tanpa melepas mouse.
   5. Pengisian Total Nilai;


Gunakan formula AUTOSUM 
=SUM(D6:F6) lalu enter.

   6.  Menentukan keterangan akhir;



Gunakan fungsi IF dalam pembacaan keterangan akhir.
  • Letakkan pointer pada sel H6.
  • Tulis rumus =IF(G6>=200;"DITERIMA";"TIDAK DITERIMA")
  • G6 adalah total nilai
  • 200 adalah batasan nilai minimum
  • Jika nilai benar maka tulis DITERIMA 
  • Jika salah maka TIDAK TERIMA
  • Klik enter
  • Lakukan perintah fill handle untuk sel di bawahnya.
Sekian mohon saran dan masukan. Semoga bermanfaat :-D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar